Tuesday 5 April 2016

Sayuran Ini Lebih Sehat Setelah Dimasak


Banyak sayuran yang jika dimasak malah akan menyebabkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya jadi hilang. Akan tetapi, ada pula beberapa jenis sayur yang justru lebih sehat dan bernutrisi setelah mengalami proses pemasakan. Apa saja, ya? Berikut ulasannya.


1.     Bayam
Anda tentu tidak asing dengan sayuran berdaun hijau yang satu ini. Ya, bayam. Sayuran yang umumnya dimasak bersama campuran wortel ini memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan zat besi. Untuk membuat kandungan nutrisi bayam lebih optimal, anda bisa memasak bayam tersebut. Hal ini disebabkan oleh jumlah kalsium yang terkandung dalam bayam bisa meningkat tiga kali lipat setelah proses pemasakan.

2.     Tomat
Bahan makanan selanjutnya adalah tomat. Buah yang memiliki bermacam warna, merah, kekuningan, sampai hijau ini biasanya dijadikan sebagai campuran salad, jus buah, atau menjadi salah satu bahan membuat sandwich. Akan tetapi kandungan lycopene dalam buah tomat yang berfungsi untuk melawan kanker (antioksidan) akan meningkat sebanyak 30% setelah dipanaskan atau dimasak, lho.

3.     Wortel
Wortel, sayuran berwarna oranye ini termasuk dalam jenis sayur yang tidak mudah untuk dicerna. Dengan melakukan proses pemasakan, wortel tersebut akan lebih mudah dicerna, memaksimalkan kandungan beta karoten, mengubah antioksidan menjadi vitamin A, serta baik untuk mata.

4.     Kubis
Kubis kaya akan kandungan serat. Daunya yang berwarna hijau memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol, terlebih bila sudah mengalami proses pemasakan.

5.     Jamur
Jamur ini termasuk dalam bahan makanan yang tidak mudah untuk dicerna. Dengan memasak jamur lebih dahulu, maka bahan makanan yang satu ini akan lebih mudah dicerna dan racun yang mungkin masih menempel dapat hilang.

Itulah jenis sayuran yang lebih sehat setelah dimasak. Tentu dengan proses pemasakan yang tidak berlebihan, ya. Semoga bermanfaat. (Referensi : purewow).


No comments:

Post a Comment