Friday 26 February 2016

Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung (Kudapan Kaya Warna, Rasa Rupa-rupa)


Instagram
Di sudut Paris Van Java sebuah kedai martabak bernama Martabak Tropica berdiri. Ketika anda memasuki Kedai dan memesan martabaknya, jangan bayangkan anda akan mendapati suguhan berupa martabak dengan warna putih kekuningan, bertopping cokelat, cokelat kacang, keju, wijen, ketan kelapa, atau rasa lain yang umumnya terdapat pada martabak biasa. Martabak Tropica bisa dibilang menghadirkan kudapan dengan rasa tak umum.

Beberapa varian rasa yang ditawarkan kedai cantik ini antara lain adalah martabak manis rasa original, red velvet, green tea, taro, pandan. Hah, cuma itu? Tidak, lah! Ada martabak manis yang memiliki dua rasa sekaligus dalam satu loyangnya. Namanya martabak duo dengan pilihan rasa original, red velvet, blacksweet, dan green tea (paduan 2 rasa diantara beberapa pilihan itu,  sesuai selera). Jadi bisa dibayangkan, kita makan martabak yang warnanya bermacam-macam, ada merah, hitam, hijau, kuning, seru! Selain adonan martabak yang memiliki banyak rasa, salah satu jajaran martabak paling top di Bandung ini pun menawarkan varian topping yang tidak main-main. Kalau dihitung-hitung, ada lebih dari 10 varian topping yang ditawarkan. Diantara yang jadi favorit adalah toblerone nutella, nutella keju, toblerone mede, toblerone keju, nutella mede, keju kismis, keju cokelat, keju cokelat kacang, dan masih banyak lagi. Penasaran dengan rasa dan topping lainnya, silakan cek daftar di bawah ini.



Martabak duo sudah, sekarang saatnya martabak pizza dan martabak 10 rasa! Martabak pizza ini memiliki beberapa varian topping yang tergolong anyar, yaitu chees baked serta lotus speculoos. Untuk pilihan rasa topping  martabak pizza yang lain pun tersedia dan dapat pilih sesuai keinginan. Diantaranya yaitu kitkat cheese baked, kitkat greentea, oreo, nutella, chocomaltine, hershey’s, dan masih banyak lagi. Untuk martabak 10 rasa, topping dan adonan bisa pesan sesuai selera.



Kenikmatan rasa Martabak Tropica bukan isapan jempol belaka. Bahkan ahli kuliner sekelas Pak Bondan Winarno saja memberikan maknyusnya pada martabak ngehits yang satu ini. Rasa yang dihasilkan tentunya tak lepas dari bahan baku berkualitas tinggi dan cara pembuatan adonan yang bersih. Martabak yang tebal dan empuk seperti bantal, dengan wangi yang menguar mengusik hidung sesuai dengan rasa martabak tersebut, membuat anda jatuh hati dan ketagihan.



Bukan Kedai Martabak Tropica kalau tak punya martabak unik lainnya. Ya, ada variasi martabak lain yang ditawarkan yaitu martabak tipker serta martabak bolu. Wow! Tetapi … tipker? Seperti apa bentuknya, sih? Martabak tipker, yang merupakan singkatan dari martabak tipis kering. Khusus buat anda pecinta kuliner martabak yang suka kriuk dan krispi, bisa coba variasi martabak yang satu ini. Untuk martabak bolu sendiri punya varian rasa original, pandan, dan cokelat. Bolunya pun tak hanya martabak bolu basah saja, akan tetapi martabak bolu kering pun ada. Para pecinta martabak bolu berpendapat kalau tekstur martabak yang satu ini agak berbeda dengan martabak manis yang biasanya cenderung kenyal dan empuk, tepiannya krispi. Martabak bolu rasanya, ya, mirip kue bolu atau cake tanpa tepian krispi, ada yang berpendapat juga hampir sama dengan kue pancong. Ah, di balik perbedaan tersebut, varian martabak yang disuguhkan oleh Kedai Tropica ini tentunya dapat juga membuat lidah berdansa.

Oh, ya, ada satu yang terlewat dan istimewa. Martabak manis rasa cakalang pampis atau ikan cakalang yang diasap lalu diolah pakai bumbu rempah ditambah cabai rawit dan merah. Bisa anda bayangan kalau ada topping cakalang pampis nan pedas menggugah selera, nyamm … maknyuus! Lalu? Ada lagi istimewanya, dong. Resep martabak cakalang pampis merupakan resep dari Pak Bondan spesial untuk Kedai Tropica. Mantap!

Saya sendiri adalah penyuka makanan manis, termasuk juga martabak. Melihat beberapa ulasan,  komentar ditambah gambar dari kudapan martabak di Bandung ini, tak ada keraguan lagi dengan citarasanya. Semoga Martabak Tropica segera buka kedai di kota saya, Batam.



No comments:

Post a Comment