Banyak ibu rumah tangga yang
ingin bekerja tanpa meninggalkan anak-anak mereka. Sehingga memilih untuk
melakukan pekerjaan dari rumah. Sebagai contoh adalah pelaku online shop dan
freelancer. Menjadi seorang ibu yang bekerja dari rumah tampaknya mudah dilakukan,
tetapi pada kenyataannya tidak semudah itu. Seorang ibu yang memilih bekerja
dari rumah pun dihadapkan pada tantangan tersendiri. Lalu, bagaimana supaya
bisa menjalankan pekerjaan dari rumah dengan baik dan menjadi working at home
moms yang sukses? Yuk, simak tipsnya!
Utamakan pekerjaan rumah
Karena tidak ada
asisten rumah tangga, maka selesaikan pekerjaan rumah lebih dulu. Setelah semua
siap, barulah mulai berkantor. Dengan demikian keduanya akan dapat berjalan
selaras.
Pilih waktu yang tepat untuk bekerja
Waktu yang tepat
adalah waktu yang kondusif untuk melakukan pekerjaan kantor kita. Misalnya
ketika anak sedang sekolah, atau bagi yang memiliki anak balita yaitu saat mereka
tengah tidur atau bermain.
Jangan kaku
Terkadang ada
kejadian di luar rencana kita. Seperti saat kita menjadwalkan untuk menyelesaikan
pekerjaan kantor di pagi hari, ketika anak masih tidur pulas. Akan tetapi, di hari
itu anak malah bangun lebih awal dan mengajak bermain. Wah, kesal bukan
kepalang, kan? Semua rencana berantakan dan tidak sesuai dengan apa yang kita
pikirkan. Menghadapi situasi seperti ini, kita harus hilangkan rasa dongkol dan
jengkel di hati. Tinggalkanlah pekerjaan dan bermainlah dengan buah hati lebih
dahulu. Setelah itu beri pengertian perlahan tentang tugas kantor kita yang
penting dan harus cepat diselesaikan. Anak akan lebih patuh dan bersikap manis
jika kita menjelaskan perlahan dan mencurahkan kasih sayang kepada mereka,
dibanding marah-marah. Jadi jangan kaku, lebih luwes.
Alihkan perhatian buah hati
Bagi anda
khususnya yang memiliki anak balita, apalagi tidak ada asisten rumah tangga dan
tengah dituntut mengerjakan pekerjaan kantor dengan cepat, anda dapat
mengalihkan perhatian buah hati dengan permainan yang mereka sukai, buku bacaan
anak, atau film kartun favorit.
Membuat ruang khusus untuk berkantor di rumah
Tidak harus
dalam ruangan, di salah satu pojok rumah pun bisa. Yang penting tempat itu
khusus untuk kita bekerja. Jangan lupa memberitahu semua orang yang ada di
rumah, bahwa itu adalah tempat kerja kita dan tak boleh diganggu oleh siapa pun.
Hal ini bertujuan agar benda-benda penting tidak terbuang atau mungkin
dijadikan mainan oleh buah hati.
Jadwalkan hari libur
Walaupun anda
bekerja dari rumah, bukan berarti tidak butuh waktu liburan, kan? Ya, berlibur
sangat penting untuk menyegarkan pikiran dan refreshing. Dengan berlibur kita
akan lebih siap dan semangat lagi untuk melakukan segala pekerjaan.
Berdoa
Ini yang
terpenting. Awali segala pekerjaan dengan doa supaya dilancarkan dan dipermudah.
Pokoknya jika sudah berdoa, segala yang kita lakukan pasti jadi mudah dan
berkah.
Benar, ternyata menjadi ibu yang
bekerja dari rumah, terlebih tanpa asisten rumah tangga tidak semanis dan
semudah kelihatannya. Kunci utamanya adalah atur waktu sebaik mungkin dan tetap
utamakan pekerjaan rumah tangga lebih dahulu. Karena sejatinya kita adalah
seorang ibu. Semoga bermanfaat, ya.
Referensi : Buku Happy Mom (Fita Chakra).
No comments:
Post a Comment