Sunday 21 August 2016

Ragam Hidangan Utama dan Jajanan Pasar yang Bikin Kangen di Garuda Indonesia Executive Lounge Batam

Merasakan jadi karyawan catering yang bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia selama 3 tahun bisa dibilang anugerah buat saya. Gimana enggak? Saya, nih, orangnya doyan makan. Pas banget ditugaskan untuk jaga lounge Garuda Indonesia yang dikelola catering kami. Semua jenis makananya, ya, dipasok catering, dong, hehe…. Sekarang saya mau ajak kamu  menjelajah meja hidangan di lounge Garuda Indonesia Batam ketika saya bekerja.


Menu Utama Favorit Berupa Masakan Khas Indonesia

Nasi Goreng

Menu yang satu ini menjadi salah satu menu favorit ketika sarapan pagi. Nasi gorengnya bukan sembarang nasi goreng, lho. Ada nasi goreng cabai hijau ikan teri, nasi goreng merah yang pedasnya sedang karena menggunakan cabai merah saja, nasi goreng seafood, sampai dengan nasi goreng ayam. Penyajiannya biasa ditemani telur mata sapi, timun, dan irisan tomat segar. Banyak juga penumpang yang menyisakan kuning telurnya. Pernah saya menemukan 3 kuning telur di piring penumpang.

Sate
Sate adalah makanan favorit saya. Pokoknya kalau menu ini disajikan di lounge, sudah pasti meleleh air liur hehe …. Sate yang biasa dibuat adalah sate ayam. Irisan daging ayam yang ditusuk dengan lidi, dibakar, selanjutnya disiram kuah kacang pedas. Penyajian sate biasanya bersama acar dan lontong. Sedap!


Nasi Uduk
Nasi uduk adalah menu sarapan berupa nasi yang dimasak dalam rendaman air santan, serai, dan daun salam. Aroma yang menguar saat pertama kali nasi matang sungguh menggugah selera. Nasi uduk biasa ditemani oleh sambal tempe teri kacang, telur rebus atau telur dadar yang diiris tipis menyerupai bentuk mie, timun, irisan tomat segar. Pelengkapnya dapat juga diganti dengan sayur mie/bihun ditambah dengan sambal terasi.

 Opor Ayam dan Ketupat
Thamy Channel Youtube
Menyambut hari raya Idulfitri biasanya lounge Garuda Indonesia menyediakan menu khas lebaran yang istimewa. Salah satunya adalah opor ayam dan ketupat. Opor disajikan dengan taburan bawang merah goring. Bagi yang tidak mudik, menu ini dapat mengobati rasa rindu masakan Bunda. Walaupun tidak sama rasanya, tetapi lumayan sebagai obat kangen.

Rendang
Siapa yang tidak kenal makanan Indonesia yang termasuk jajaran menu paling lezat di dunia tersebut? Rendang! Masakan khas Indonesia ini selain disajikan pada hari biasa, juga menjadi bagian dalam menu Idulfitri di lounge Garuda Indonesia Batam. Daging sapi yang dimasak lama bersama santan dan bumbu rempah khas nusantara, menghasilkan rendang empuk dan kaya rasa. Dapat disantap pakai ketupat dan opor ayam.


5 Jajanan Pasar Lounge yang Jadi Obat Kangen Kampung

 Onde-onde
Resep Masakan Lezat Youtube
Kue yang terbuat dari tepung ketan, bertekstur kenyal, biasanya berisi kacang hijau dan diselimuti wijen ini sering disajikan di lounge. Kalau melihat onde-onde, saya langsung terbayang ke masa kecil. Ibu saya selalu membawakan kue ini kalau pulang dari pasar atau warung. Satu atau dua buah sudah cukup membuat perut kenyang dan senyum saya mengembang.

 Kue Lapis
Zaman sekarang kue lapis sudah mempunyai warna yang variatif. Kua lapis lounge biasanya berwarna hijau-putih atau pelangi. Kalau lapis di kampung saya harganya Rp2.500,00 satu plastik. Kue ini biasanya dijual oleh penjaja bubur sumsum. Bukan hanya lapis dan sumsum saja. Bubur candil yang terbuat dari campuran tepung ketan, tepung beras  dan gula merah disiram santan gurih dan kue apem pun melengkapi dagangan ibu penjual bubur.

Klepon
Jajanan tradisional yang dihidangkan saat soft opening lounge. Terbuat dari tepung ketan, berisi gula merah dan ditaburi parutan kelapa. Disantap selagi hangat atau sudah dingin, sama nikmatnya.





Serabi Rangin
Nama serabi ini mungkin kurang tenar, ya. Kue setengah lingkaran yang terbuat dari tepung beras, memilki citarasa gurih dari santan tersebut lebih populer dengan sebutan kue pancong. Kalau di Batam sudah jarang menemukan kue tradisional yang satu ini. Saya baru menjumpai 2 penjaja kue serabi rangin, itu pun tidak menetap alias pedagang keliling.

Kue Lumpur
Yang maniak kentang pasti seneng, deh, sama kue ini. Kue lumpur  sering mejeng juga di meja lounge. Kue yang terbuat dari tepung terigu, kentang lumat, telur, gula, dan garam ini biasanya digarnish pakai sukade warna-warni. Cantik dan enak!



Kalau sudah kangen kampung, aneka panganan itu bisa jadi obat rindu, lho. Kami boleh mencicipi jika ada stok banyak atau sisa. Setelah pensiun, saya jadi ibu rumah tangga. Sejak lahiran anak pertama, belum bisa pulang kampung karena tiket pesawat Batam-Yogyakarta harganya selangit. Kalau dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz, mau langsung meluncur ke kampung halaman. Kangen kampung dan masakan Emak.











4 comments:

  1. Tulisan menarik, terimakasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz,
    Semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz yah :)

    ReplyDelete