Monday 7 March 2016

Ini Alasan Latihan Fisik Wajib bagi Ibu Hamil

Setiap wanita yang tengah mengandung tentu ingin melahirkan secara normal. Namun, tidak semua ibu memiliki kesempatan tersebut. Kadang, karena beberapa faktor, ibu harus melahiran dengan operasi caesar demi keselamatan dirinya dan sang bayi. Berjalan kaki adalah salah satu kegiatan fisik yang dianjurkan untuk ibu hamil dan memiliki pengaruh pada persalinan yang akan dijalani. Selain karena faktor keamanan dan dapat dilakukan dengan mudah, juga mempunyai segudang manfaat bagi wanita hamil. Berikut beberapa manfaat berjalan kaki secara teratur untuk wanita hamil.



1.     Memperkuat otot
Berjalan kaki secara teratur saat hamil dapat membantu memperkuat otot-otot yang diperlukan dalam proses persalinan, seperti otot rongga panggul.

2.     Memudahkan proses persalinan
Aktivitas fisik seperti  berjalan kaki membuat tubuh ibu hamil lebih bugar dan fit. Hal ini akan berpengaruh pada proses persalinan. Ibu akan lebih kuat mendorong bayi keluar dari perutnya.

3.     Waktu persalinan singkat
Ibu yang sering melakukan aktivitas fisik akan membuat waktu persalinannya lebih cepat. Persalinan akan berlangsung 1/3 kali lebih cepat dengan normal tanpa komplikasi dibandingkan dengan para ibu yang tidak melakukan kegiatan fisik.

4.     Kurangi resiko keluhan saat hamil
Beberapa keluhan yang sering dilontarkan oleh ibu hamil diantaranya adalah sembelit, sakit punggung, sampai dengan kembung dan mual. Kegiatan fisik yang dilakukan secara berkala dapat mengurangi keluhan seperti yang telah disebutkan di atas.

5.     Sirkulasi darah mengalami peningkatan
Aliran atau sirkulasi darah yang lancar akan membuat pasokan oksigen ke seluruh tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini berdampak pada kondisi tubuh ibu hamil yang segar dan sehat.

6.     Jaga berat badan
Ketika melihat ke cermin, ibu merasa tubuh melebar dan kenaikan berat badan selama kehamilan terlalu drastis? Mungkin ibu kurang melakukan olahraga ringan atau aktivitas fisik. Maka dari itu penting bagi ibu untuk berolahraga.

7.     Mengurangi stress fisik
Olahraga yang paling dianjurkan untuk ibu hamil yaitu berjalan kaki secara teratur serta tetap aktif kala hamil ternyata juga dapat mengurangi stress fisik.

8.     Mengurangi Stress psikologis
Pelepasan endorphin selama aktivitas fisik dilakukan akan berdampak pada psikologis seorang wanita hamil. Mereka akan merasa lebih rileks dan tenang.

9.     Energi yang mengalami peningkatan
Wanita hamil yang merasa mual, lesu, kurang semangat, dapat diatasi dengan mulai program latihan fisik dengan teratur.

10.  Menjaga mood
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kelli Calabrese (Ahli Kebugaran) menyebutkan bahwa dengan latihan fisik berkala, mood ibu hamil akan meningkat.

11.  Tidur berkualitas
Rajin latihan fisik berdampak pada kualitas tidur ibu hamil yang meningkat dikarenakan selama melakukan kegiatan, terjadi pelepasan endorphin yang membuat tubuh rileks.

12.  Kurangi resiko terkena diabetes dan pre-eklampsia (komplikasi)
Kedua penyakit tersebut termasuk dalam kategori yang membahayakan jika diidap oleh ibu hamil. Untuk itu diperlukan aktivitas fisik dengan teratur guna mengurangi resiko kedua penyakit bersarang di tubuh.

Semoga bermanfaat, ya.


Referensi : dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. Wah, Bagus Tulisannya, Alasan Latihan Fisik Wajib bagi Ibu Hamil! Topps...! Mantapps...

    Kunjungi juga : https://henikustarini.wordpress.com/2016/01/29/tanda-tanda-hamil-yang-berupa-perubahan-fisik/

    ReplyDelete