Thursday 3 March 2016

Kiat Sukses Jadi Working at Home Moms Tanpa Asisten Rumah Tangga

Banyak ibu rumah tangga yang ingin bekerja tanpa meninggalkan anak-anak mereka. Sehingga memilih untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Sebagai contoh adalah pelaku online shop dan freelancer. Menjadi seorang ibu yang bekerja dari rumah tampaknya mudah dilakukan, tetapi pada kenyataannya tidak semudah itu. Seorang ibu yang memilih bekerja dari rumah pun dihadapkan pada tantangan tersendiri. Lalu, bagaimana supaya bisa menjalankan pekerjaan dari rumah dengan baik dan menjadi working at home moms yang sukses? Yuk, simak tipsnya!

Utamakan pekerjaan rumah
Karena tidak ada asisten rumah tangga, maka selesaikan pekerjaan rumah lebih dulu. Setelah semua siap, barulah mulai berkantor. Dengan demikian keduanya akan dapat berjalan selaras.

Pilih waktu yang tepat untuk bekerja
Waktu yang tepat adalah waktu yang kondusif untuk melakukan pekerjaan kantor kita. Misalnya ketika anak sedang sekolah, atau bagi yang memiliki anak balita yaitu saat mereka tengah tidur atau bermain.

 Jangan kaku
Terkadang ada kejadian di luar rencana kita. Seperti saat kita menjadwalkan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor di pagi hari, ketika anak masih tidur pulas. Akan tetapi, di hari itu anak malah bangun lebih awal dan mengajak bermain. Wah, kesal bukan kepalang, kan? Semua rencana berantakan dan tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Menghadapi situasi seperti ini, kita harus hilangkan rasa dongkol dan jengkel di hati. Tinggalkanlah pekerjaan dan bermainlah dengan buah hati lebih dahulu. Setelah itu beri pengertian perlahan tentang tugas kantor kita yang penting dan harus cepat diselesaikan. Anak akan lebih patuh dan bersikap manis jika kita menjelaskan perlahan dan mencurahkan kasih sayang kepada mereka, dibanding marah-marah. Jadi jangan kaku, lebih luwes.

Alihkan perhatian buah hati
Bagi anda khususnya yang memiliki anak balita, apalagi tidak ada asisten rumah tangga dan tengah dituntut mengerjakan pekerjaan kantor dengan cepat, anda dapat mengalihkan perhatian buah hati dengan permainan yang mereka sukai, buku bacaan anak, atau film kartun favorit.

Membuat ruang khusus untuk berkantor di rumah
Tidak harus dalam ruangan, di salah satu pojok rumah pun bisa. Yang penting tempat itu khusus untuk kita bekerja. Jangan lupa memberitahu semua orang yang ada di rumah, bahwa itu adalah tempat kerja kita dan tak boleh diganggu oleh siapa pun. Hal ini bertujuan agar benda-benda penting tidak terbuang atau mungkin dijadikan mainan oleh buah hati.

Jadwalkan hari libur
Walaupun anda bekerja dari rumah, bukan berarti tidak butuh waktu liburan, kan? Ya, berlibur sangat penting untuk menyegarkan pikiran dan refreshing. Dengan berlibur kita akan lebih siap dan semangat lagi untuk melakukan segala pekerjaan.

Berdoa
Ini yang terpenting. Awali segala pekerjaan dengan doa supaya dilancarkan dan dipermudah. Pokoknya jika sudah berdoa, segala yang kita lakukan pasti jadi mudah dan berkah.


Benar, ternyata menjadi ibu yang bekerja dari rumah, terlebih tanpa asisten rumah tangga tidak semanis dan semudah kelihatannya. Kunci utamanya adalah atur waktu sebaik mungkin dan tetap utamakan pekerjaan rumah tangga lebih dahulu. Karena sejatinya kita adalah seorang ibu. Semoga bermanfaat, ya.


Referensi : Buku Happy Mom (Fita Chakra).









No comments:

Post a Comment